Traveling Aja Dulu! - Olivia Dianina Purba


Kamu pernah terpikir untuk solo traveling?⁣

Saya pernah. Dan jauuuuh di dalam lubuk hati, saya masih punya keinginan itu. Tapi ada banyak hal yang membuat saya nggak pernah solo traveling (jauh) sendirian. Mulai dari izin yang nggak terkantongi, dana yang lari ke hal-hal jauh lebih penting, hingga berbagai alasan lain. Lalu saya membaca Traveling Aja Dulu! karya Olivia Dianina Purba ini.

Buku tipis ini punya isi yang sangat padat. Penulis menyelipkan berbagai tips dan kisah perjalanannya. Dan semuanya ditulis dengan gaya bahasa yang lincah dan asik.

Tips Traveling

Di Traveling Aja Dulu!, penulis memberikan cukup banyak tips. Mulai dari tips bagaimana dia bisa traveling gratis dari pendidikan, tips ngurus paspor, sampai tips hemat saat traveling. Jadi buku ini bukan cuma mengisahkan cerita penulis ketika traveling, tapi juga bagaimana dia berusaha untuk bisa pergi 'traveling'  di tengah segala keterbatasannya.⁣
Kamu bisa menjadi traveler dengan tetap tekun belajar dan memilih jalur pendidikan, seperti yang saya lakukan untuk bisa keliling dunia. (h. 5)⁣
Penulis banyak bercerita soal aneka kegiatan pendidikan yang dilakoninya untuk bisa traveling gratis, mulai dari ikut konferensi, volunteering, hingga melanjutkan studi. Tentunya perjuangan penulis untuk bisa "traveling dari pendidikan" di buku ini semacam telah disederhanakan. Namun, saya yakin dengan jelas bahwa itu bukan hal yang mudah. Salut banget saya bacanya (meski bagian ini nggak begitu banyak sih, tapi karena itu buku ini jadi menarik 😁).⁣

Petualangan dan Solo Traveling

Seperti buku traveling lain, penulis juga menemukan banyak makna dan hikmah dalam kisah petualangannya di 35 negara di 5 benua. Penulis memulai kisah traveling-nya ketika dia masih berusia 19 tahun. Selanjutnya, penulis mengisahkan perjalanan demi perjalanan yang dia lakukan.

Penulis ternyata banyak sekali melakukan solo traveling dan hal ini dilakukan pertama kali pada 2013 ke Vietnam. Pada perjalanan solo pertamanya ini, penulis bahkan mengaku tidak punya rencana kapan akan kembali ke tanah air karena tiket pesawat yang dibelinya hanyalah tiket berangkat. Wkwk.

Saya pribadi paling suka bagian solo traveling tiga bulan keliling dunia. Gila! Petualangan yang padat tapi sangat menginspirasi. Lewat cerita penulis ini, saya jadi diajak untuk bermimpi melakukan solo traveling (lagi), entah kapan. Rasanya seru menyusuri tempat-tempat di dunia meski hanya seorang diri.

Penutup

Traveling Aja Dulu! merupakan buku traveling yang kaya akan informasi. Lebih lagi, saya suka tips yang diberiikan penulis untuk melakukan traveling dengan mengejar pendidikan. Ini baru pertama kali saya baca dalam buku traveling.

Saya salut banget saya penulis yang serius dengan studinya dan juga dengan traveling. Keren!

Informasi Buku
Judul: Traveling Aja Dulu!
Penulis: Olivia Dianina Purba
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 256 halaman

Share:

0 comments