Kamu hanya Perlu Pulang - Stefany Chandra

Kamu hanya Perlu Pulang berisi tiga bagian. Bagian pertama berisi tulisan tentang hubungan antarmanusia, tentang orang-orang dalam hidup. Bagian kedua menyoal perjalanan, pencarian makna kehidupan, hal-hal yang tak sempat diutarakan. Bagian ketiga merupakan prosa mengenai keinginan dan penerimaan.

Buku Prosa Pengembangan Diri


Di sampul belakang, buku ini dimasukkan sebagai buku Pengembangan Diri. Sejujurnya, Kamu Hanya Perlu Pulang lebih mirip buku prosa. Di setiap bagian, ada dua jenis tulisan; cerita pendek dan puisi.

Di Bagian Pertama, Stefany menulis cerita pendek tentang hubungan orang tua. Di Bagian Kedua, cerita pendeknya berkisah soal perenungan dan pencarian makna kehidupan. Terakhir di Bagian Ketiga, Stefany menyajikan pemikiran soal kehidupan, kematian, dan keinginan. Selepas cerita pendek, ada puisi-puisi yang disajikan.

Aku pribadi suka banget sama semua cerita pendeknya. Bukan cuma karena cerita yang diangkatnya terasa dekat dan menyentuh, tapi juga karena gaya bahasannya itu indah. Indah, lembut, dan bikin terhanyut.


Stefany menulis dengan hati-hati, tapi nggak terasa maksa. Aku suka banget cara Stefany menuliskan buah pikirannya. Meski tulisannya puitis, label di belakang buku nggak menipu juga. Lewat tulisannya, Stefany berusaha mengajak pembaca untuk melakukan pencarian, merenung, berpikir, dan menarik kesimpulan.

Karena tema yang diangkat juga universal, seperti yang Stefany tulis di awal kalo ini nggak menyoal cinta pasangan, aku merasa Kamu hanya Perlu Pulang ini cocok dibaca semua orang. Dan sesuai judulnya, buku ini mengajakku "pulang" dengan tulisan Stefany.


Aku pribadi nggak nyangka suka sama buku ini. Aku tergolong jarang baca buku puisi juga dan cukup pemilih soal buku puisi. Tapi Kamu hanya Perlu Pulang ini aku suka banget. Buku ini tipe tulisan-tulisan instapoet juga sih, jadi gaya menulisnya lebih lugas.

Oh, satu hal lagi yang bikin aku klik sama buku ini, aku baca pas lagi masa #dirumahaja. Pas banget gitu jadinya.

Secara keseluruhan, aku menikmati banget Kamu hanya Perlu Pulang. Nggak semua puisinya klik sama aku sih, tapi semua cerita pendeknya aku suka banget. Cocok banget dibaca kamu yang butuh bacaan santai, tapi mengajak merenung dan berpikir.

Semoga kamu juga bisa "pulang" selepas baca buku ini. Selamat baca!

Kamu hanya Perlu Pulang, Kata Puan, Kamu hanya Perlu Pulang Kata Puan, Buku Motiviasi, Instapoet, Buku Puisi, Kumpulan Puisi, @katapuan, Kamuhanya Perlu Pulang @kata.puan

Share:

0 comments