Keep Going - Raissa Almira: Kumpulan Puisi untuk Mencintai Diri Sendiri


Pernah nggak sih kamu baca buku, terus seakan menemukan jawaban dari kegelisahanmu lewat buku tersebut? Ini kayak semesta bekerja dan menjawab kekhawatiranmu lewat sebuah buku (yang bisa jadi bahkan penulisnya kamu nggak pernah kenal, nggak pernah ketemu, nggak pernah tahu). Dan ketika menemukan jawaban itu, kamu tahu-tahu merasa hidup bakal lebih mudah.

Yah, ini sedikit berlebihan sih. Tapi, pada dasarnya buku yang dibaca di saat yang tepat, akan meninggalkan kesan yang dalam buat pembacanya.

Mencintai Diri Sendiri

Belakangan isu soal self-love alias mencintai diri sendiri banyak diangkat. Banyak buku juga yang ditulis bertema hal ini, salah satunya Keep Going.

Keep Going ini adalah kumpulan puisi bertema self love. Dan seperti buku Raissa yang kubaca sebelumnya, aku suka. Aku suka gaya Raissa menuliskan pemikirannya, pilihan kata yang dipakai, dan ilustrasi unyu yang melengkapi di sini. Lebih lagi, ilustrasi di buku ini berwarna jadi semakin manis. Seperti puisi-puisi yang dituliskan, manis.




Lewat buku Keep Going, Raissa mengajak pembaca untuk mencintai dirinya sendiri. Lewat kata-katanya, Raissa menunjukkan hal-hal yang harus kita banggakan, kita syukuri, kita cintai.⁣ Beberapa ditulis dalam puisi yang singkat, beberapa dalam kalimat-kalimat yang panjang. Namun, ke semuanya mengandung kesederhanaan dan pengingat betapa berharganya diri kita.

Daripada dibaca sebagai sebuah buku yang utuh, Keep Going ini lebih cocok dibaca sebagai bagian-bagian yang terpisah. Buku kumpulan puisi yang setipe ini cocok banget diambil ketika kita merasa sedih, merasa terabaikan, merasa tidak berguna, terus kita coba buka satu halaman random, dan menemukan kalimat-kalimat yang membuat kita merasa bahagia. Meski cuma sedikit. Meski cuma sebentar.

Kalimat-kalimat penuh inspirasi yang ditulis penulis dengan hati-hati ini kayak pelan-pelan masuk ke diri kita, terus membuat kita merasa bahwa hidup itu berharga. Bahwa kita layak dicintai. Bahwa kita lebih dari layak untuk diperjuangkan oleh diri kita sendiri.
You're a firework, Darling.
You spark so bright,⁣
the dark sky turns starry. (h. 122)⁣
Inilah yang aku suka dari membaca buku kumpulan puisi bertema self love. Sejujurnya Keep Going tulisan Raissa Almira ini bukan buku puisi self love pertama yang kubaca. Dan semua penulis punya gayanya sendiri, dan semuanya membuatku merasakan kehangatan yang sama.


Penutupan

Terakhir, aku mau sekali lagi menyampaikan kalau buku ini cocok dibaca di saat semangat tengah lesu, atau ketika merasa tidak berharga, atau saat kehilangan harapan, atau ketika merasa diri begitu menyedihkan. Coba buka buku ini secara random dan temukan kalimat yang menyemangati. Sambil duduk dan menyesap teh, coba renungkan kalimat-kalimat yang dirangkai Raissa dalam puisinya.

Semoga akhirnya kalimat-kalimat itu akan mengantarkanmu pada perasaan bahagia, yang akan membuatmu lebih bahagia menjalani hidup.


Selamat membaca Keep Going!

Share:

0 comments