[Review] Almost 10 Years Ago - Trini


Anna alias Ayanna Mollan jadi sebatang kara sejak kecelakaan naas menimpa keluarganya nyaris 10 tahun lalu. Ibu dan saudaranya meninggal dunia. Sedang sang ayah memang masih hidup, tapi jiwanya terjebak pada kecelakaan itu sehingga harus dirawat di rumah sakit jiwa.

Masa lalu ini membuat Anna menjadi pribadi yang getir dan tidak percaya pada cinta. Meski sepanjang hidupnya ada Nolan, pemuda yang sejak pertama mengenal Anna berkata bahwa dia mencintai Anna. Ataupun Joshua, dokter sang ayah yang selalu sabar menghadapi Anna. Sampai akhirnya seorang pria misterius bernama Danny muncul di toko bunga tempat kerja sambilan Anna.

Danny mengubah hidup Anna. Kemunculannya seperti menggerakkan hidup Anna yang 10 tahun lebih stagnan. Dan sejak itulah hidup Anna seperti kembali "bergerak".

Cetak Ulang Debut yang Mengesankan

Sebelum 2020, aku udah pernah dengar soal novel ini sejak pertama kali terbit pas masa Blue Stroberi. Seingatku lomba ini mengusung tema dark romance, entah kisahnya berakhir tidak bahagia atau ada hal kelam yang terjadi. Dan novel ini merupakan salah satu novel dari seri ini yang sering dibicarakan. Sayangnya, saat itu aku belum berkesempatan baca.

Sampai akhirnya novel ini cetak ulang di tahun 2020 dan harus aku akui bahwa kisah Anna ini memang layak mendapat segala sorotan ketika terbit,

Almost 10 Years Ago memang debut yang sangat bagus! Kisahnya solid, gaya berceritanya sangat baik, pilihan katanya indah, latar belakannya berhasil hidup, dan kisahnya sendiri memang sebagus itu.

Pembaca akan diajak untuk mengenal Anna, karena kisah ini ditulis dari sudut pandangnya. Pembaca akan diajak untuk merasakan betapa frustrasi Anna dengan kondisi ayahnya betapa marahnya dia dengan pelaku yang menyebabkan kecelakaan menimpa keluarganya, juga betapa kehadiran Danny mengubah rutinitas hidup Anna. Aku suka banget sama gaya nulisnya.

Oya, latar kisah Anna ini di London. Dan meski aku tahu ini ditulis oleh penulis Indonesia, gaya menulis Trini ini seperti terjemahan. Belum lagi penulis berhasil banget menghidupkan suasana "London" dalam kisah Anna. Salut!

Masa Lalu dan Masa Depan

Sepanjang buku, pembaca akan diajak mengenal Anna dan masa lalunya. Dia harus terus berganti identitas agar sang ayah yang dirawat di rumah sakit mengenalinya. Kecelakaan itu menghancurkan hidup Anna. Namun, dia masih percaya bahwa sang ayah akan bisa sembuh.
"Tapi kau juga tahu bahwa jika ada sesuatu yang mutlak mustahil itu adalah hasil dari tidak pernah mencoba." (halaman 16)
Untungnya Anna punya dua sahabat yang terus menemaninya, Ellie dan Nolan. Nolan sebenarnya sudah lama naksir Anna, sayangnya cintanya tidak berbalas. Namun, sejak awal Nolan muncul, sulit bagi pembaca untuk tidak naksir padanya. Baca saja kalimat yang aku kutip di bawah ini buat bukti:
"Hei, Cewek, kau sudah telanjur menghancurkan hatiku. Kau tidak bisa lagi mematahkan hati yang sudah hancur berkeping-keping." (halaman 47)
Gimana nggak simpati sama tokoh hopeless romantic gini coba? Dan sepanjang buku ini aku diajak untuk terus sebal sama berbagai keputusan Anna, terlebih dia dengan sadar sudah menyia-nyiakan Nolan.

Namun, semakin jauh pun aku semakin sadar bahwa hidup Anna memang terkurung dalam "masa lalu". Sampai Danny muncul dan mengajak Anna untuk keluar dari masa lalu itu. Terdengar akan berakhir bahagia ya? Tunggu dulu, kamu harus ingat bahwa ini buku seri Blue Stroberi. Jadi, ya, seperti hawa yang dibawa judul dan blurb di sampul belakang, novel ini bakal bikin nyesek.

Aku pribadi sangat menikmati kisah Anna yang ditulis Trini. Detail-detail soal London, karakter Nolan (yes aku sesayang itu sama Nolan), dan misteri soal Danny. Meski aku nggak begitu suka dengan akhir yang diberikan karena terasa drama, secara keseluruhan novel ini memuaskan!


Aku sangat-sangat merekomendasikan novel ini buatmu yang suka membaca novel romance yang bikin nyesek. Aku nggak tahu ya apakah versi cetul ini punya akhir yang beda apa nggak, cuma kalau buatku pribadi akhirnya cukup bahagia sehingga sedikit banyak kisah kelamnya ini ditutup dengan happy ending.

Yang jelas, kisah Anna sangat aku rekomendasikan untuk dibaca!

Informasi Buku
Judul: Almost 10 Years Ago
Penulis: Trini
Penerbit: Ice Cube
Terbit: April 2020

Share:

0 comments