[Review] Kaleidoscope of Memories - Adhan Akram

 

Zahra, tokoh utama dalam Kaleidoscope of Memories, selalu mimpi hal yang sama berulang kali. Dia selalu memimpikan pemakaman dengan anak kecil menangis. Sesuai dengan yang tertulis dalam blurb buku ini di sampul belakang.
⁣⁣
Blurb ini bikin aku penasaran banget dengan buku ini. Ada hawa-hawa misteri dan mungkin sesuatu yang sedikit magical (mimpi dan firasat) dari blurb. Kemungkinan besar novel ini bukan cuma cerita cinta remaja saja. Apa hubungannya pemakaman dan anak kecil ini?⁣⁣

Karya Debut dan Misteri Masa Lalu
⁣⁣
Untuk karya debut, Kaleidoscope of Memories ini sebuah karya yang cukup solid. Gaya menulisnya juga mengalir. Meski beberapa deskripsi bagiku terlalu detail sehingga acep cerita jadi lambat, overall tulisannya solid.⁣⁣
⁣⁣
Ceritanya sendiri fokus pada Zahra. Karena ditulis dengan sudut pandang orang pertama dari Zahra, pembaca akan sangat mengenal karakter Zahra ini.

Kisah dimulai ketika Zahra tengah mengantri, dia bertemu Alva. Pertemuan ini berujung pada pertemuan-pertemuan lain dan kedekatan yang terjalin di antara mereka. Hubungan Zahra-Alva ini mengambil trope enemy to lover, dan aku selalu tertarik baca buku dengan tema gini. Sayangnya, perselisihan keduanya berlangsung terlalu sebentar dan langsung masuk ke bagian keduanya saling tertarik.

Untungnya, di tengah cerita muncul sosok Yaska yang penuh misteri.⁣⁣ Lengkap dengan mimpi-mimpi yang kerap Zahra alami, aku jadi semakin penasaran sebenarnya kisah di balik semua ini apa? Aku cukup terpukau dengan konsistensi penulis membuat pembaca penasaran dengan segala misteri yang ada. Lebih lagi ternyata ketika semua terbongkar, penulis memberikan twist yang nggak pernah terpikirkan. Just wow!

Meski sebenarnya aku kurang puas dengan konklusi soal mimpi Zahra (habis ini yang bikin aku penasaran setengah mati sedari awal), akhirnya bikin aku kaget dua kali. Jadi, secara keseluruhan aku cukup puas. ðŸ‘Œ⁣⁣

Untuk porsi cerita romance-nya sendiri pas. Nggak cuma fokus pada kisah cinta Zahra dan Alva, ada juga kisah persahabatan dan keluarga dalam novel ini.
"Yang jalanin hubungan ini tuh ada dua orang. Bukan cuma kamu sendiri. Kalau ada apa-apa, kita bicarain berdua, terus cari jalan keluarganya sama-sama." (h. 196)⁣⁣
Aku rekomendasikan novel ini buatmu yang suka kisah romance dengan sentuhan misteri dan konflik seputar keluarga. Apalagi kalau kamu suka ending yang dipenuhi twist. Cocok banget baca novel ini.

Informasi Buku
Judul:
Kaleidoscope of Memories
Penulis: Adhan Akram
Penerbit: Bhuana Ilmu Populer
Tebal: 337 halaman
Terbit: Oktober 2019


Share:

0 comments